Kamis, 05 Agustus 2010

Pesona Penjara Maria Antoinette


Pesona Penjara Marie-Antoinette
Paris, ibukota Prancis, berpenduduk 2,14 jiwa (1999) dan merupakan kota terpadat di Uni Eropa dan metropolitan terbesar kedua di Eropa setelah Moskow. Kota kuno ini setara dengan London, kota metropolitan terpadat ke-20 di dunia.

Daerah Paris Metropolitan Raya memiliki distrik bisnis terbesar di Eropa, La D'fense, dan pasar bursa terbesar kedua di Eropa, Euronext. Paris yang dikenal dengan la Ville Lumi're atau Kota Bertaburan Lampu merupakan tujuan wisata terkemuka.

Kota ini menyajikan arsitektur bangunan yang indah, pengaturan kota dan jalan-jalan besarnya plus koleksi museum. Dibangun di tepi sungai Seine, kota yang dibagi dua bagian, tepi kanan ke arah utara dan tepi kiri (yang lebih kecil) ke arah selatan.

Tak hanya Menara Eiffel, Paris memiliki objek wisata yang cukup kuat dan menarik. Gereja Notre-Dame de Paris. Satu-satunya gereja yang paling menginspirasikan. Gaya Gothique, geraja yang dirancang oleh Maurice de Sully, didirikan antara abad ke 12 dan ke- 14 (1163-1345). Konon, panjang jalan-jalan dari Paris yang menuju ke kota-kota provinsi Prancis diukur dari titik "0" yang terletak di depan gereja ini.

Dalam sejarah Prancis demokratis dan imperial, gereja ini, dulu merupakan tempat di mana terjadi hal-hal yang sangat penting. Di sana, Saint-Louis meletakkan tahta berduri dari Yesus Kristus sebelum dibawa ke Sainte Chapelle. Juga di Gereja Notre-Dame de Paris, Napol?on ditahtakan oleh Papal Pie VII.

Tidak jauh dari Halaman Penghormatan Louis XVI, terdapat menara Sainte Chapelle. Di dalam Gedung Kehakiman (Palais de Justice), Sainte Chapelle didirikan pada 1248 dan di sana masih disimpan tahta berduri dari Yesus Kristus beserta peninggalan bersejarah yang lainnya.

Tempat persembahyangan, seperti perhiasan, diterangi dengan korden lukisan kaca berabad ke-13 (yang paling tua dan paling seni di Paris) membuat anggun jika dilihat dari pintu besar Gedung Kehakiman-yang berpintu pintu besi dari abad ke 18.

Selain karya Gothique yang jenius -terdiri dari dua sanctuaires yang bertindih satu sama yang lainnya-yang di sebelah utara berdiri menara kecil jaman pertengahan Conciergerie di dalamnya Marie-Antoinette dulu dipenjarakan. Marie Antoinette, Ratu Prancis yang lahir 2 November 1755 di Vienna, Austria.

Gedung Kehakiman (Palais de Justice) dulu merupakan istana raja-raja kristen pertama, yang begitu juga halnya dengan Gedung Parlemen yang terknal itu. Sepanjang tepi sungai Seine yang sama, terdapat museum d'Orsay, yang sulit untuk dilewatkan.

Koleksi patung
Museum d'Orsay ini, asalnya stasiun kereta api yang didirikan pada 1900 dan direhabilitasi pada 1986 agar menjadi bangunan seperti sekarang ini. Museum d'Orsay ini sangat terkenal dengan koleksi lukisan-lukisan impressionnistes dan post-impressionnistes beserta koleksi patung-patungnya.

Museum Louvre adalah museum yang terbesar di dunia, tidak bisa dilupakan. Gedungnya yang begitu agung, didirikan sebagai benteng, sedangkan pada akhir abad yang ke-16 gedung ini dibangun untuk istana raja-raja. Mulai bernama Museum Louvre pada sekitar 1793 dan dibuka untuk umum sebagai museum.

Gedung museum ini juga merupakan salah satu proyek Presiden Prancis Fran?ois Mitterand, Museum Louvre direnovasi pada 1980-an dengan tambahan pintu masuk berbentuk piramida kaca. Di dalam museum ini, ada lukisan dan patung yang jumlahnya tak terhitung. Termasuk benda-benda peninggalan jaman purba, seperti halnya la Joconde, la V'nus de Milo, la Victoire Aill'e de Samothace, dan banyak lagi.

Paris tidak hanya memiliki objek wisata yang melulu bangunan atau peninggalan sejarah. Ada daerah yang digolongkan area trendi yaitu Montparnasse.

Kota ini penuh dengan gedung pencakar langit di pusat Paris, seperti Menara Paris Montparnasse. Anda dapat menikmati pemandangan Paris yang bagus sekali dari sana. Dekat dengan jalan yang penuh gedung bioskop di Ga't, monumen bersejarah Invalides dengan Mus'e des Arm'es atau Musium Militer Paris.

Dan juga makam Napoleon Bonaparte di distrik ketujuh yang bersebelahan dengan jalan raya yang paling indah dan elegan di dunia, yaitu jalan raya Champs-Elys'es di daerah distrik kedelapan, Paris Ecole Militaire atau Akademi Militer Prancis yang bergengsi, Institut Pasteur yang terkenal, jalan pusat belanja di Rue Alesia dengan took-toko mode pakaian siap pakai dan juga butik-butik mode di Paris, Porte d'Orl'ans.

Belum lagi daerah Denfert-Rochereau. Anda dapat menemukan jalan-jalan yang penuh dengan pejalan kaki di Rue Daguerre lengkap dengan deretan kafe dan restoran serta mengunjungi katakomba unik yang berada di bawah tanah dan juga sebagai tempat melepas lelah.

Di dekat pusat pertunjukan di Porte de Versailles (bukan Kastil Versailles dari Prancis), Anda juga akan menemukan, di antaranya taman-taman umum kota terbaik seperti taman Georges Brassens yang elegan, taman Montsouris yang romantis dan juga taman terkenal Citro'n. (martin.sihombing@bisnis.co.id)

1 komentar: